Renungan Bulan Puasa: Tidak Mengumpulkan Dosa

Selama Bulan Puasa ini, ane ingin sharing beberapa pelajaran yang ane lihat di sekitar atau yang ane kepikiran juga jadinya. Berbagi renungan di Bulan Puasa ga salah ya kan?

:)

Ane ga inget kapan dan dimana kok nemu kalimat berikut ini:

“Ngapain sholat, kalau bikin kesalahan lalu sholat lagi, bikin kesalahan lagi lalu sholat lagi. Mending kita kumpulin aja dulu semua kesalahan kita, nah kalau sudah waktunya baru tobat.”

Mungkin sekilas kalimat di atas benar ya gan? Kalau agan sendiri ketika mendengar kata-kata seperti itu, apa yang agan pikirkan? Ane sendiri sempet juga berpikir ‘iya juga ya’. Kadang lelah juga untuk sholat memohon ampunan Allah ketika melakukan kesalahan, kemudian ane ngelakukan kesalahan lagi, lalu minta ampun lagi. Bukan lelah sih, cuma ya pemikirannya seperti di kalimat pernyataan kalimat yang ane sebutin di atas.

renungan bulan puasa

Tapi, coba kita pikirkan lagi, beberapa hal berikut ini:

 

  • Kita tidak tahu umur kita sampai berapa lama. Bisa saja kita tidak punya waktu lagi untuk bertaubat.
  • Allah mengetahui motivasi hati kita, tidak seperti manusia.

Ya, jika tiba-tiba nafas kita sudah berhenti sementara kita belum bertobat dari kesalahan-kesalahan, apa yang mau kita lakukan? Lagipula, bukan seperti manusia, Allah pasti tahu bagaimana hati kita. Kalau kita bertobat hanya karena mau mati..

Nah, oleh karena itu, senantiasalah untuk berbuat baik dan melakukan kebaikan. Hal ini juga akan membuat kita terbiasa untuk menghindari dosa karena hati kita tidak dikikis sedikit-sedikit..

Selamat menunaikan ibadah puasa!
:)

image dari Google.co.id

3 thoughts on “Renungan Bulan Puasa: Tidak Mengumpulkan Dosa

  1. Setuju, apalagi saya banyak sekali melihat dengan mata kepala saya sendiri, banyak teman2 Internet Marketer yang TIDAK SHOLAT, dengan santainya meninggalkan sholat tanpa ada rasa takut sedikit pun, or mungkin hanya sholat Jum’at dan sholat Ied saja kali yah….sungguh sangat disayangkan padahal bisa dikatakan master IM krn income $$$$$ mereka sangat berlimpah. Dan sangat mengejutkan lagi ada beberapa dr mereka istrinya berjilbab. Masyaallah…How come? lalu bagaimana mau memberi contoh yang baik pada anak2 mereka dan berharap anak2 mereka menjadi anak yg sholih dan sholihah? ortunya seperti itu.
    Padahal amal ibadah yang pertama kali dihisab oleh Allah adalah sholatnya. Ibaratnya apabila baik sholatnya maka baik pula seluruh amal perbuatannnya yang lain. Yuuukk aaahhh sholatlah…drpd azab keburu menjemput saudaraku. Sungguh siksa Allah lebih mengerikan daripada Banned Adsense, deindex dll. Saudaraku seiman dimana saja mari segera bertaubat. Ibadah yang bener.

    • Bener om Jaka Tingkir saya banget tuh semuanya (kalo incomenya belum sampe), padahal rumah saya deket banget sama masjid, ngga ada alasan buat ngga sholat, padahal saya ngaku agamanya islam tapi ngga sholat. Makasih om sentilannya.

  2. Wahhh.. nie mindset kita tentang shalat harus di perhatikan…
    SHALAT = KEWAJIBAN
    Jadi apapun kondisinya sholat harus dilaksanakan… tentang nanti buat dosa itu urusannya beda lagi >> TOBAT..
    Padahal nanti di akhirat yg akan pertamakali ditanya adalah shalat kita,, bukan kebaika dan amal yg lain,,, barang siapa shalatnya baik maka baiklah seluruh amalnya, tapi jika shalatnya rusak maka rusak pula amalnya>>
    jadi >>> Amal kebaikan (infaq,shadaqah,bak ke ortu,puasa, haji dlll) semua berdiri diatas shalat…
    palagi puasa ramadhan,,,, targetnyanya adalah Taqwa>> masak kita puasa tapi ga sholat :(… so jgn sampe puasa kita sia-sia…
    maaf kepanjangan,,,,
    samiuddin.com/agar-puasa-tidak-sia-sia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>