Renungan Bulan Puasa – Jangan Lupakan Keluarga

Banyak orang yang bisa menjaga hati dan dirinya supaya bisa mendapatkan tempat di hati Allah. Mereka bisa melakukan ibadah sesuai yang diamanatkan oleh Sang Pencipta. Mereka bisa ‘tampil’ dan menjadi teladan. Namun, sayang, yang ane sebut ‘mereka’ itu hanya ‘seorang diri’.

Ya, tidak jarang seseorang mampu memberikan ibadah terbaik kepada Sang Pencipta namun tidak mampu membawa keluarganya. Ane tidak sedang menyamaratakan semua orang jika keluarganya tak mampu diselamatkan maka itu adalah salah seorang diri, terutama kepala keluarga. Tapi, hal ini bisa jadi satu pengingat bagi ane untuk lebih memperhatikan keluarga juga, terutama isteri tercinta.

Kadang kita memang cenderung merasa bahwa ibadah itu masing-masing. Ya, kalau dia tidak mau, apa boleh buat? Ane juga harus mengakui bahwa ane bisa saja mengadopsi pemikiran seperti itu.

Namun, lama-kelamaan ane sadar bahwa kita masih bisa membantu orang lain, utamanya keluarga. Mengapa tidak menyisihkan waktu untuk bercengkerama dengan mereka? Tidak perlu menguliahi tetapi sekadar berbagi cerita dan petuah hidup. Dengan menjalin silaturahmi yang baik maka Alhamdullilah keluarga kita yang tadinya tidak peduli soal ‘hidup dan mati’ menjadi tersadarkan. Misalnya, agan punya anak yang sulit diatur kepada hal-hal yang baik. Apakah agan langsung memvonis dia dan membiarkan begitu saja karena merasa sudah mengeluarkan semua tenaga dan pikiran untuk menyadarkannya?

Maka dari itu, coba kita masing-masing memeriksa diri, apakah memerhatikan keluarga sendiri, tidak hanya diri sendiri? Dengan begitu ibadah kita pun Insya-Allah akan mendapatkan nilai plus.

Ane bukan ahli Agama, hanyalah seorang umat. Apa yang ane katakan pada artikel ‘Renungan Bulan Puasa’ ini adalah bagian dari gerakan hati ane untuk saling berbagi dengan agan-agan tentang apa yang semoga adalah yang baik dalam pandangan Yang Maha Kuasa.
:)

One thought on “Renungan Bulan Puasa – Jangan Lupakan Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>