Jadi Internet Marketer? Harus Atur Waktu Kerja!

Siapa bilang Internet Marketer (IM) tidak punya jadwal kerja. Ya, mungkin beberapa orang beranggapan bahwa seorang pebisnis online punya kebebasan waktu sehingga bisa bekerja dimana saja dan kapan saja dia mau. Memang benar sebagai seorang Internet Marketer punya kebebasan waktu yang tentunya berbeda dengan para pegawai. Namun bekerja dimana dan kapan saja dia mau harus dipahami lebih dalam. Dalam bisnis online tempat dan waktu memang bukan halangan berarti namun perlu diketahui bagaimanapun juga manajemen waktu adalah MUTLAK HARUS DILAKUKAN ADANYA.

Apapun pekerjaan yang kita lakoni, kata ane sih gan ya perlu yang namanya manajemen waktu. Ibarat pepatah bilang: “Apa yang kamu tabur, itu yang kamu tuai”. Jadi kalu agan menabur dengan cara yang berantakan, agan juga bakal menuai dengan cara yang berantakan. Orang yang nanem di sawah aja punya cara yang teratur untuk menancapkan padinya, tentu repotkan kalau dia tidak punya pola karena harus ke sana-kemari. Kita juga gitu, kalau kita melakukan yang ini tidak tuntas kemudian melakukan hal yang lain lagi, atau hari ini bekerja dari jam segini ke jam segini dan besok lain lagi, tubuh kita akan terasa kacau!

Jadwal kerja

Berikut tips mengatur kerja sebagai Internet Marketer versi ane ya gan, semoga membantu:

1. Membuat jadwal dan to-do-list

Apapun yang akan kita kerjakan akan lebih baik jika kita punya rencana dan jadwal / to-do-list yakni berbentuk daftar. Ibarat kita akan pergi ke suatu tempat tentu kita punya peta atau paling tidak telah merencanakan rute yang akan kita tempuh. Nah, mengatur waktu kerja juga seperti itu – perlu rencana kerja sebagai pedoman kita agar teratur dan tidak lupa sesuatupun. Satu tips dari ane ketika membuat jadwal adalah PRIORITASKAN di tempat pertama pekerjaan-pekerjaan yang agan anggep sulit dan tidak suka. Dengan begitu agan punya tenaga yang full untuk ‘pekerjaan berat’ tersebut.

2. Fokus pada jadwal

Bagaimanapun banyaknya pekerjaan yang harus kita lakukan, fokus terhadap jadwal to-do-list yang sudah kita buat. Banyak di antara kita, ane juga kadang gitu koq gan, terjebak dalam situasi multi-tasking. Pengennya nyelesain beberapa pekerjaan sekaligus. Tapi dari pengalaman ane, sesederhana apapun yang agan lakuin – FOKUS saja dulu sampe selesai. Jangan menyatukan beberapa pekerjaan bahkan yang sederhana sekalipun!

3. Tidak menunda pekerjaan

Kalau sudah punya jadwal maka berpakulah pada jadwal tersebut, jangan menunda-nunda pekerjaan. Dengan menunda pekerjaan apakah karena ada keharusan lain yang menyimpangkan perhatian atau gangguan lainnya, pekerjaan kita malah akan semakin berat. Yang paling parah sih gan ya agan harus siap mengubah jadwal.

4. Punya target dan jadwal yang realistis

Tetapkan target yang REALISTIS terhadap pekerjaan agan. Jangan terlalu percaya diri dengan membuat jadwal yang terlalu padat padahal agan ngga akan bisa mengerjakannya dalam satu hari. Oleh karena itu, di setiap jadwal yang agan bikin setiap hari, selalu sediakan waktu ‘tidak terduga’ atau sesi istirahat yang cukup. Dengan begitu agan bisa lebih produktif dan bisa menuntaskannya namun tetap punya tenaga untuk esok hari.

Ngomong-ngomong, ane juga punya sedikit saran buat agan-agan dan pengingat juga buat ane: Mengatur waktu kerja pada pagi hari itu ternyata lebih bikin segar lho gan! Memang banyak Internet Marketer yang memilih bekerja pada malam hari dan pagi hari tidur. Tapi ane juga mulai takut gan sama konsekuensi ritme tubuh seperti itu. Intinya, agan juga jangan lupa jaga kesehatan!

One thought on “Jadi Internet Marketer? Harus Atur Waktu Kerja!

  1. wah sudah terlanjur jadi ‘kalong’ susah ngatur waktu pagi menjelang baru tidur. Klu didepan pc, selama gak lampu mati atau rokok/kopi habis blm bisa istirahat. Btw thanks tips ngejadwal IMnya om Mohan, perlu dipaksa berubah nih ritmenya he he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>