Mengapa Bekerja Lebih Baik Mulai Pagi Hari?

Seperti halnya jam pegawai kantoran atau karyawan lainnya yang biasanya dimulai pada pagi hingga sore hari, istilahnya ‘delapan ke lima’, ntah kenapa ane juga ngerasa jam tersebut adalah baik adanya. Yang namanya IM memang kebanyakan lebih suka jadi ‘kalong’ dan kebanyakan sikon memang mengharuskannya seperti itu. Ane sendiri ya termasuk di dalam golongan ‘kalong’ itu. Terbiasanya untuk bekerja malam hari ngebuat ane kaga’ bisa tidur kalau malam telah menjelang. Hehehe.

Namun, dengan banyaknya pemberitaan media mengenai tidak tidur pada malam hari jadi memperingatkan ane juga gan. Logika ane sendiri mikirnya ya memang bener kalau tetap melek pada malam hari tidak sesuai dengan bioritmik tubuh yang sesungguhnya. Jam biologis manusia yang sebenarnya adalah tidur tujuh hingga delapan jam pada malam hari dan pagi hari mulai beraktivitas. Tahukah agan bahwa pada malam hari sebenarnya mata kita sudah mulai mengantuk, cuman kita keseringan memaksanya untuk tetep melek. Setelah jam 12 malam jika kita tetap melek, mata sudah tidak ingin tidur lagi. Tubuh kita seakan dipaksa. Makanya tidak jarang kalau bekerja malam, keinginan untuk memakan sesuatu sangat tinggi.

bekerja produktif

Pada posting sebelumnya ‘Tips Mengatur Waktu Kerja sebagai IM‘, ane sempet nyinggung bahwa bangun di pagi hari dan mulai bekerja itu seger banget! Ane juga sempet ngerasainnya beberapa waktu. Dunia seakan berubah! ~hiperbola mode on. Ane kepengen aja sharing yang ane rasakan dan moga ini jadi pertimbangan buat kita semua ye gan.

  • Bangun di pagi hari sesuai bioritmik tubuh sebenarnya

Seperti yang ane udah singgung di paragraf sebelumnya, ritme alami tubuh kita yang sebenarnya adalah tidur pada malam hari dan bangun di pagi hari. Kita bukan kalong gan! Makanya tidak jarang diberi tahu bahwa begadang bisa memicu penyakit-penyakit kronis seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes dan sebagainya. Bukan nakut-nakutin, tapi ane juga takut karena pada dasarnya penyakit-penyakit tersebut memang bisa dipicu oleh ritme tubuh yang tidak baik.

  • Bangun di pagi hari memungkinkan kita olahraga

Cuman bangun di pagi hari yang bikin kitap pengen olahraga karena punya cukup tenaga. Tapi dengan catatan tidak melakukan olahraga berat, pasalnya hal tersebut malah bikin kita ngantuk di pagi hari.

  • Bangun di pagi hari bikin ngga lupa mandi

Hahahaha.. Hayo, ngaku agan-agan yang sering lupa mandi atau males mandi karena badan ngga enak karena bekerja malam hari alias begadang? Bangun di pagi hari dan agan langsung mandi, dijamin bikin agan benar-benar semangat berpetualang meraup dolar atau rupiah di belantara Internet ini!

  • Bangun di pagi hari bikin kita punya banyak waktu untuk keluarga

Dengan bangun di pagi hari otomatis ritme tubuh kita sama dengan keluarga, khususnya bagi kita yanng uda punya keluarga ye gan. Dengan begitu, agan bisa berkomunikasi dengan baik dengan istri tercinta dan anak-anak. Coba bayangin kalau agan molor di pagi hari? Kecuali kalau sekeluarga memang jadi ‘kalong’ semuanya ya, tapi menurut ane itu mah ngga mungkin! :)

Masih belum yakin? Ane juga lagi nyoba gan, jadi kita sama-sama mencoba bekerja mulai pagi hari ya. Kaga bisa setiap hari ya paling ngga beberapa hari dalam seminggu dan rasakan manfaatnya buat tubuh kita. Ya ane pikir buat apa punya banyak duit kalau ngga sehat. Mau dikemanain semua duitnya? Lebih baik mencegah daripada mengobati, gitu kata pepatah. Karena mengobati adalah jauh lebih mahal adanya. Kalau mengobati agan hanya bisa ngabisin duit, tapi mencegah agan bisa sambil produktif menghasilkan lebih banyak lagi.

:D

Kata kunci dari search enggine

Kenapa kita bekerja pagi hari dan tidur malam

One thought on “Mengapa Bekerja Lebih Baik Mulai Pagi Hari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>