Mempertahankan Konsentrasi Kerja

Mempertahankan fokus dalam hal ini konsentrasi bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Ada temen ane yang ngga bisa mempertahankan konsentrasinya jika harus bekerja duduk dan menatap monitor dalam waktu yang lama. Bahkan kalau sudah sejam dua jam, konsentrasinya mulai teralihkan dengan hal-hal yang ada di sekitarnya! Saat nanti dia mau mengerjakan satu hal, dia harus melalui beberapa hal yang membuat pekerjaannya lama selesai. Hal ini akhirnya membuatnya jenuh karena pekerjaan yang tak kunjung selesai – KELIHATANNYA!

Ane juga ngga sepenuhnya bisa salahin dia, mungkin memang kemampuan pikiran yang gampang untuk terganggu. Ane juga kadang bisa gitu dulu awalnya. Sering kali merasa seperti tidak ada motivasi padahal sebenarnya ada. Namun, kelemahan terletak di ketidakmampuan mempertahankan fokus dan konsentrasi. Kalau sudah begitu bagaimana caranya mempertahankan fokus dan konsentrasi jika mengerjakan sesuatu hal untuk mengembangkan bisnis online agan?

konsentrasi di garis lurus

konsentrasi di garis lurus

Satu hal yang paling memotivasi agan adalah DIRI agan SENDIRI, oleh karena itu:

PAKSA & CAMBUK DIRI AGAN!

Kalimat di atas kelihatannya kejam dan ekstrim ya gan. Tapi, menurut ane itulah satu-satunya cara. Jangan berleha-leha kalau ngga mau ketinggalan. Makanya, ketika sudah duduk dan berhadapan dengan monitor – agan harus benar-benar mempertahankan fokus dan konsentrasi. Apapun yang terjadi – pastinya masih dalam keadaan yang bisa ditolerir – jangan hiraukan sama sekali! Yang pasti yang mungkin kedengeran sepele adalah: Jangan buka email pada pagi hari, jangan buka Facebook, Twitter dan sebagainya. Buat rencana pekerjaan agan dan mulai kerjakan sekarang juga!

Prioritas apa yang akan agan kerjakan adalah yang paling sulit dan paling tidak disukai adalah nomor satu sehingga agan punya cukup banyak tenaga dan fokus konsentrasi untuk mengerjakannya.

JANGAN LUPA ISTIRAHAT

Setelah ‘mencambuk’ diri sendiri, jangan lupa untuk merehatkan diri sejenak ya gan. Temen ane yang ane sebutin di atas merasa tidak bisa berkonsentrasi karena dia terlalu mencoba berkonsentrasi sehingga lupa untuk mengistirahatkan diri. Hal ini malah membuat tubuhnya kelelahan dan tidak siap untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Harus seimbang ya gan.

Jadi, agan-agan sudah siap untuk berkonsentrasi di hari Senin ini? Semua hari sama bagi kita yang berkecimpung di bisnis online tapi jangan lupakan untuk rehat sejenak! Bekerja di rumah itu pasti bikin kita leluasa tapi ada tantangan tersendiri yakni bisa fokus tanpa awasan.

:D

2 thoughts on “Mempertahankan Konsentrasi Kerja

  1. wah jujur aja nih mastah mohan ane saat ini lagi ngalamin kaya gitu.
    bismillah deh, ane Non Aktifin Facebook akun ane dulu biar bisa men”CAMBUK” diri sendiri :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>